PSB Detil Pusat Sumber Belajar

AKHLAK TERPUJI REMAJA

AKHLAK TERPUJI DALAM PERGAULAN REMAJA

Standar Kompetensi: 4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Kompetensi Dasar: 4.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
       4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        4.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena     kehidupan
       4.4 Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
 
1.    Akhlak terpuji atau biasa disebut dengan akhlakul karimah adalah: segala sikap, ucapan dan perbuatan yang baik sesuai ajaran Islam.
2.    Pentingnya akhlakul karimah dalam pergaulan remaja adalah: menurut K.H.M. Isa Anshary seorang ulama dan politikus bahwa akhlak karimah ibarat pakaian penutup aurat. Orang yang tak memiliki akhlaku karimah seperti orang gila yang berkeliaran di jalan dan tidak berbusana. Oleh karena itu orang yang ingin terhormat dalam pandangan Allah dan manusia hendaknya memiliki akhlakul karimah. Ahmad Syauki Bey (seorang penyair mengatakan bahwa “sesungguhnya suatu umat akan tetap memiliki nama yang harum apabila memiliki akhlakul karimah, namun manakala akhlaknya telah hilang maka lenyap pulalah nama harum umat tersebut”.
3.    Pentingnya akhlakul karimah bagi remaja. Pada era globalisasi ini dimana nilai-nilai mulai diabaikan, maka penting bagi para remaja muslim untuk kembali pada nilai-nilai Islam yang luhur yang menjaga harkat dan martabat manusia. Mengapa akhlakul karimah itu penting bagi remaja? Hal ini disebabkan karena kondisi mental remaja yang masih labil dan pentingnya remaja sebagai generasi penerus bangsa. 
Di dalam agama Islam remaja memiliki tugas yang sangat penting antara lain:
a.    Sebagai penyambung generasi beriman 
b.    Sebagai pengganti orang beriman yang mulai menurun keimanannya 
c.    Sebagai agen perubahan spiritual terhadap kaum yang telah menyimpang dari agama
d.    Sebagai unsur perbaikan 
Pembentukan kepribadian remaja pada dasarnya dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini:
a.    Faktor lingkungan: orang tua, saudara, teman dekat 
b.    Faktor internal ( pertumbuhan dan perkembangan masa remaja, terkait dengan  masa transisi/pubertas)
c.    Faktor ekternal, budaya permisif, hedonisme, informasi dan tayangan yang menyuguhkan hal-hal yang berlawanan dengan nilai-nilai Islam
4.    Hikmah
Islam mengajarkan agar dalam pergaulannya, para remaja menjaga dari tercelanya hati, mata, telinga, tangan, kaki, suara dan seluruh tubuh  yang mengarah pada sikap dan perbuatan atau pergaulan tercela yaitu pergaulan bebas. Sebagaimana Allah memperingatkan kita dalam QS Al Isra’32

 

Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.
Sebagaimana hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Bukhari
“ Zina itu banyak cabangnya, yaitu zina hati, mata, telinga, dan alat kelaminlah yang kemudian membuktikan apakah kita berzina atau tidak”.
5.    Akibat Pergaulan Bebas
a.    Madesu 
b.    Memperkeruh kondisi  Masyarakat 
c.    Dimurkai Allah SWT karena telah membuat kerusakan dimuka bumi 
6.    Menampilkan prilaku terpuji (akhlakul karimah) dalam kehidupan remaja sehari-hari.
Bagi muslimin dan muslimat, akhlakul karimah tidak hanya sekedar dipelajari saja namun juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak karim dalam kehidupan remaja dapat ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari dalam wujud sebagai berikut: 
a.    Taaruf (saling mengetahui) dan tafahum (saling memahami): menumbuhkembangkan sikap bersahabat terhadap sesame remaja; tanggap dan peduli terhadap keadaan sesama teman; memperbanyak pergaulan dengan sesama remaja dengan tetap memperhatikan hal-hal yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan yang bertentangan
b.    Ta’awun (saling menolong) dan tasamuh (toleransi): gemar memberikan bantuan dalam bentuk apapun yang mampu dilakukan; saling menghormati dan menghargai atas hak-hak orang lain; memberi kebebasan kepada orang lain untuk mengambil haknya.
c.    Jurdil ( jujur: lurus hati dan tidak curang, adil: tidak berat sebelah) : terus menerus berusaha untuk melatih diri jujur dalam segala hal, walaupun agak merugikan diri sendiri; mencintai keadilan dan mendukung setiap upaya menegakkan keadilan; menunjukkan sikap tidak senang terhadap segala bentuk kecurangan.
d.    Amanah dan menepati janji (amanah: pesan/sesuatu yang dititipkan/dipercayakan, menepati janji: berbuat sesuatu sesuai yang diucapkan): berusaha menjaga diri agar dapat menunaikan secara baik semua yang diamanatkan kepada dirinya; bersikap hati-hati agar tidak mudah berjanji karena ketika kita berjanji maka kita berpeluang untuk ingkar janji; berusaha semaksimal mungkin untuk menepati janji apabila suatu saat terpaksa berjanji. 

Khulasah:

1.    Akhlak karimah dalam pergaulan remaja sangat penting dimiliki. Akhlak karimah menentukan martabat dan derajat manusia, baik dalam pandangan Allah SWT maupun dalam pandangan manusia termasuk remaja.
2.    Bentuk-bentuk akhlak karimah dalam pergaulan remaja antara lain ta’aruf, ta’awun, tafahum dan tasamuh, jurdil, amanah dan menepati janji.
3.    Dampak positif akhlak karimah dalam pergaulan remaja
a.    Taaruf dan tafahum dalam memperluas hubungan persahabatan dan persatuan, khususnya sesame remaja; menumbuhkan sikap hidup tolong menolong

 

 


13.  Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Al Hujurat/49:13)
b.    Taawun dan tasamuh; terwujudnya kerukunan hidup masyarakat dan tercukupi kebutuhan hidupnya; terpenuhinya hak secara adil sesama remaja

 

……. dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (QS Al Maidah 5:2)
c.    Jurdil; membuahkan kepuasan batin karena masing-masing pihak mendapatkan haknya; kepuasan batin dapat menimbulkan kecerahan wajah sehingga pergaulan menjadi akrab, saling menghormati dan menghargai.

90.  Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS. An Nahl/16: 90)
d.    Amanah dan menepati janji; dapat menumbuhkan rasa kepercayaan bagi pihak lain (yang memberi amanah); menumbuhkan sikap saling mempercayai sesama remaja sehingga hubungan persaudaraan terbina kukuh dan baik.

 

 


58.  Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat.(QS An Nisa/4: 58)
4.    Perilaku akhlak karimah dalam pergaulan remaja sehari-hari, antara lain
a.    Luwes dalam pergaulan serta memiliki rasa kepedulian terhadap sesama teman;
b.    Ikut aktif dan mendorong setiap bentuk kerja sama, tolong menolong sesama remaja serta saling menghormati dan menghargai sesamanya
c.    Berusaha untuk bersikap adil dan jujur dalam segala hal, walaupun menyangkut dirinya sendiri;
d.    Berusaha menjaga amanah yang diterima dengan ikhlas, serta berusaha menepati janji yang telah diucapkan karena janji adalah hutang   
5.    Dampak positif akhlakul karimah
a.    Taaruf dan tafahum;
-    Menambah banyak teman sehingga memperluas persaudaraan
-    Mengurangi dan menanggulangi munculnya lawan;
-    Menambah Suasana riang karena banyak pergaulan
-    Dapat tukar menukar pengalaman dan pengetahuan
-    Terwujudnya kerukunan hidup antar remaja
-    Sebagai sarana membina persatuan dan kesatuan bangsa
-    Dapat dijadikan sebagai sarana penyebaran informasi sehingga terbuka peluang kerja
b.    Taawun dan tasamuh
-    Terwujudnya kehidupan masyarakat yang rukun dan damai
-    Tercapainya ketentraman batin hidup bersama masyarakat, khususnya sesame remaja
-    Terjalinnya hubungan batin yang mesra antara sesame remaja
-    Terwujudnya persatuan dan kesatuan generasi muda
c.    Jurdil
-    Menimbulkan perasaan puas bagi orang yang diperlakukan adil dan jujur. Kepuasan tersebut akan memancar dari raut wajahnya dan akan menjadikan pergaulan semakin baik
-    Terwujudnya kehidupan yang tentram karena baiknya pergaulan
d.    Amanah dan menepati janji
-    Bagi diri sendiri; kepuasan batin dari yang memberi amanah dan yang diberi amanah;  terjalinnya hubungan batin antara yang member amanah dan yang diberi amanah; derajat terangkat; mendapat pahala dari Allah
-    Bagi orang lain; menimbulkan kepuasan dari pihak lain; tumbuhnya rasa kepercayaan dari pihak lain; mendapat penilaian yang baik; terjalin hubungan persaudaraan yang baik
6.    Dampak negatif tidak amanah dan ingkar janji
a.    Bagi diri sendiri; menurunkan martabat diri dalam pandangan orang lain; hilangnya kepercayaan pihak lain; mendapat dosa karena khianat
b.    Bagi orang lain; menimbulkan kekecewaan pemberi amanah; hilangnya kepercayaan pihak lain; rusaknya hubungan persaudaraan.

Latihan soal
1.    Jelaskan perbedaan antara taaruf dan tafahum!
2.    Apakah tujuan diciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa?
3.    Apakah yang membedakan derajat manusia disisi Allah SWT
4.    Jelaskan pentingnya memiliki akhlakaul karimah
5.    Jelaskan batas-batas taawun dalam Islam
6.    Sebutkan 3 hak sesama muslim
7.    Kemukakan 1 contoh tasamuh dengan teman sekelas
8.    Sebaiknya kita tidak mudah berjanji. Mengapa demikian?
9.    Kepada siapakah ungkapan sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya tepat untuk ducapkan
10.    Sebutkan jenis perintah dan larangan yang terdapat dalam QS An Nahl: 90

 

 


 




Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

CAPTCHA security code
Selengkapnya